1

PENGKAJIAN GERONTIK

Kumpulan askep, laporan pendahuluan dan tugas stikes





PENGKAJIAN GERONTIK

A.    IDENTITAS KLIEN
Nama                                                   : Ny. K
TTL                                                     : 55 tahun
Pendidikan terakhir                             : SD
Golongan darah                                  : B
Agama                                                 : Islam
Status perkawinan                               : Kawin
Alamat                                                : Dukuhsalam
Telpon                                                 : -
Jenis kelamin                                       : Perempuan
Orang yang paling dekat dihubungi   : Tn. S
Hubungan dengan usila                      : Suami
Jenis kelamin                                       : Laki-laki
Alamat                                                : Dukuhsalam

B.     RIWAYAT KELUARGA
1.      Pasangan
Nama                     : Tn. S
Hidup/ mati           : Hidup
Kesehatan                         : Sakit batu ginjal
Umur                     : 63 th
Pekerjaan               : Petani
Alamat                  : Dukuhsalam
Sebab kematian     : -
Usia meninggal     : -

2.      Anak                    
No.
Nama
Alamat
Usia
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Ny. Puji
Ny. Dewi
Ny. Yuli
Tn. Bambang
Ny. Erna
Sdr. Krisna
Dukuhsalam
Jakarta
Dukuhsalam
Jakarta
Dukuhsalam
Dukuhsalam
38 tahun
36 tahun
34 tahun
32 tahun
30 tahun
28 tahun

C.    RIWAYAT PEKERJAAN
Ny. K mengatakan sejak dulu berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

D.    RIWAYAT LINGKUNGAN HIDUP
Sejak kecil Ny. K tinggal di desa dukuhsalam

E.     RIWAYAT REKREASI
Ny. K mengatakan kalau dirinya pernah pergi rekreasi ke tempat wisata dan berkunjung ke tempat anaknya di Jakarta.

F.     SUMBER/SISTEM PENDUKUNG YANG DIGUNAKAN
Ada fasilitas pendukung yang digunakan untuk berkunjung ke anaknya yang berada di jakarta menggunakan mobil.

G.    KEBIASAAN RITUAL
Setiap hari Ny. K hanya di rumah sebagai ibu rumah tangga dan beragama islam sehingga setiap hari shalat 5 waktu.

H.    STATUS KESEHATAN SAAT INI
1.      Obat-obatan          : Ny. K mengkonsumsi obat diabetes mellitus sejak lama
2.      Alergi                     : tidak ada alergi
3.      Penyakit yang diderita: Diabetes Mellitus, GDS = 300
4.      Nutrisi                   : Nafsu makan Ny. K berkurang, keluarga mengatakan setiap kali makan habis setengah porsi.

I.       STATUS KESEHATAN MASA LALU
Ny. K mengatakan sudah ± 4 tahun menderita Diabetes Mellitus, dan pernah sampai di rawat di rumah sakit.



J.      TINJAUAN SISTEM
1.      Keadaan Umum
Keadaan Ny. K tampak sedikit lemah dan ketika berjalan terlihat bungkuk serta berpegangan pada tembok atau kursi.
2.      Integument
Kulit Ny. K sudah keriput, kebersihan kurang baik, warna kulit coklat, lembab, tidak ada gangguan pada kulit.
3.      Kepala
Mesochepal, rambut telah memutih, bersih, tidak ada nyeri, tidak ada benjolan.
4.      Mata
Bentuk tampak simetris, konjungtiva tampak anemis, sclera tidak ikterik, pupil isokor, penglihatan kabur, tidak ada peradangan
5.      Telinga
Bentuk simetris, tidak ada luka, tidak tampak serumen, tidak ada peradangan, tidak nyeri tekan pada bagian belakng telinga (mastoideus), tidak ada benjolan, pendengaran sedikit berkurang.
6.      Hidung dan sinus
Bentuk tampak simetris, tidak ada luka, tidak ada peradangan, tidak ada secret pada hidung, tidak ada nyeri tekan, penciuman masih cukup baik.
7.      Mulut dan tenggorokan
Mukosa mulut tampak kering, tidak ada peradangan, gigi tampak kuning,  tidak ada kesulitan saat mengunyah dan menelan.
8.      Leher
Tidak ada pembesaran kelenjar thyroid, tidak ada luka, tidak ada bendungan vena jugularis, leher sering terasa sakit.
9.      Dada
Tidak ada reteraksi dinding dada, payudara mengendur, tidak ada nyeri.
10.  Abdomen
Bentuk simetris, tidak ada oedema, ada nyeri tekan, ada luka jahit.
11.  Genitalia
Tidak terkaji
12.  Ekstermitas
Kekuatan otot tangan kanan dan kiri 4, kaki kanan dan kiri 4
K.    PENGKAJIAN STATUS FUNGSIONAL
No.
Kegiatan
Mandiri
Bantuan Sebagian
Bantuan Penuh
1.
Mandi
2.
Berpakaian
3.
Ke Kamar Kecil
4.
Berpindah Tempat
5.
BAK/BAB
6.
Makan/Minum
Keterangan : klien dapat beraktivitas secara mandiri tanpa pengawasan, pengarahan, atau bantuan aktif dari orang lain, kecuali saat berpindah tempat atau ke kamar kecil klien menggunakan bantuan sebagian.

L.     PENGKAJIAN STATUS KOGNITIF DAN AFEKTIF
Benar
Salah
Nomor
Pertanyaan
Jawaban
1
Tanggal berapa hari ini ?
23
2
Hari apa sekarang ?
Senin
3
Apa nama tempat ini ?
Dukuhsalam
4
Dimana alamat anda ?
Dukuhsalam
5
Berapa umur anda ?
55 tahun
6
Kapan anda lahir ?
1959
7
Siapa presiden Indonesia ?
Lupa
8
Siapa presiden Indonesia sebelumnya ?
Tidak tahu
9
Siapa nama kecil anda ?
Darsinah
10
Kurangi 3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari setiap angka baru, secara menurun
17, 14
JUMLAH          Benar : 8
                            Salah : 2
Interpretasi :
Salah 0 – 2      : Fungsi intelektual utuh
Salah 3 – 4      : Fungsi intelektual kerusakan ringan
Salah 5 – 7      : Fungsi intelektual kerusakan sedang
Salah 8 – 10    : Fungsi intelektual kerusakan berat
Dari hasil Short Portable Mental Status Questionare ( SPMSQ ) di dapatkan hasil 8 benar dan 2 salah ini menunjukkan bahwah fungsi intelektual Ny. K kerusakan utuh.


M.   INVENTARIS DEPRESI BECK
Inventaris Depresi Back
Skor
Uraian
A.       Kesedihan
3
Saya sangat sedih atau tidak bahagia menghadapinya dimana saya tak dapat
2
Saya galau atau sedih sepanjang waktu dan darinya saya tidak dapat keluar
1
Saya merasa sedih atau galau
0
Saya tidak merasa sedih
B.       Pesimisme
3
Saya merasa bahwa masa depan saya adalah sia-sia dan sesuatu tidak dapat membaik
2
Saya merasa tidak mempunyai apa-apa untuk memandang ke depan
1
Saya merasa berkecil hati mengenai masa depan
0
Saya tidak begitu pesimis atau kecil hati tentang masa depan
C.       Rasa Kegagalan
3
Saya merasa saya benar-benar gagal sebagai seorang (orang tua, suami, istri)
2
Seperti melihat ke belakang hidup saya, semua yang dapat saya liat hanya kegagalan
1
Saya merasa saya telah gagal melebihi orang pada umunya
0
Saya tidak merasa gagal
D.       Ketidakpuasan
3
Saya tidak puas dengan segalanya
2
Saya tidak lagi mendapatkan kepuasan dapi apapun
1
Saya tidak menyukai cara yang saya gunakan
0
Saya tidak merasa tidak puas
E.       Rasa Bersalah
3
Saya merasa seolah-olah saya sangat buruk atau tak berharga
2
Saya merasa sangat bersalah
1
Saya merasa buruk atau tak berharga sebagai bagian dari waktu yang baik
0
Saya tidak merasa benar-benar bersalah
F.        Tidak Menyukai Diri Sendiri
3
Saya benci diri saya sendiri
2
Saya muak dengan diri saya sendiri
1
Saya tidak suka dengan diri saya sendiri
0
Saya tidak merasa kecewa dengan diri sendiri
G.      Membahayakan Diri Sendiri
3
Saya akan membunuh diri saya sendiri jika saya mempunyai kesempatan
2
Saya mempunyai rencana pasti tentang tujuan bunuh diri
1
Saya merasa lebih baik mti
0
Saya tidak mempunyai pikiran-pikiran membahayakan mengenai diri sendiri
H.       Menarik Diri dari Sosial
3
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan tidak peduli pada mereka semuanya
2
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan mempunyai sedikit perasaan pada mereka
1
Saya kurang berminat pada orang lain daripada sebelumnya
0
Saya tidak kehilangan minat pada orang lain
I.          Keragu-raguan
3
Saya tidak dapat membuat keputusan sama sekali
2
Saya mempunyai banyak kesulitan dalam membuat keputusan
1
Saya berusaha mengambil keputusan
0
Saya membuat keputusan yang baik
J.         Perubahan Gambar Diri
3
Saya merasa bahwa saya jelek atau tampak menjijikan
2
Saya merasa bahwa ada perubahan-perubahan yang permanent dalam penampilan saya dan ini membuat saya tak menarik
1
Saya khawatir bahwa saya tampak tua atau tidak menarik
0
Saya tidak merasa bahwa saya tampak lebih buruk daripada sebelumnya
K.      Kesulitan Kerja
3
Saya tidak melakukan pekerjaan sama sekali
2
Saya telah mendorong diri saya sendiri dengan keras untuk melakukan sesuatu
1
Ini memerlukan upaya tambahan untuk  memulai melakukan sesuatu
0
Saya dapat bekerja kira-kira sebaik sebelumnya
L.       Keletihan
3
Saya sangat lelah untuk melakukan sesuatu
2
Saya lelah untuk melakukan sesuatu
1
Saya lelah lebih dari yang biasanya
0
Saya tidak lebih lelah dari biasanya
M.      Anoreksia
3
Saya tidak lagi mempunyai nafsu makan sama sekali
2
Nafsu makan saya sangat memburuk sekarang
1
Nafsu makan saya tidak sebaik sebelumnya
0
Nafsu makan saya tidak buruk dari yang biasanya
penilaian :
0-4 depresi tidak ada atau minimal
5-7 depresi ringan
8-15 depresi sedang
>16 depresi berat
Keterangan :
                        : Jawaban klien
Kesimpulan :
Dari hasil Inventaris Depresi Beck di dapatkan hasil 6 ini menunjukkan bahwa  Ny. K mengalami depresi ringan.

N.    PENGKAJIAN STATUS SOSIAL
APGAR keluarga
No
Fungsi
Uraian
Skore
1.       
Adaptasi
Saya puas bahwa saya dapat kembali pada keluarga( teman-teman) saya untuk membantu pada waktu sesuatu menyusahkan saya
1
2.       
Hubungan
Saya puas dengan cara keluarga saya membicarakan sesuatu dengan saya dan mengungkapkan masalah dengan saya
1
3.       
Pertumbuhan
Saya puas bahwa keluarga saya menerima dan mendukung keinginan saya untuk melakukan aktivitas atau arahan baru
2
4.       
Afeksi
Saya puas dengan cara keluarga saya mengekspresikan afek dan berespon terhadap emosi-emosi saya seperti marah, sedih, atau mencintai
2
5.       
Pemecahan
Saya puas dengan cara teman-teman saya dan saya menyediakan waktu bersama sama
2
Keterangan :
Selalu                          : 2
Kadang-kadang          : 1
Tidak pernah               : 0

Analisa hasil apgar:
Skor : 8-10 : fungsi sosial normal
Skor : 5-7   : fungsi sosial cukup
Skor : 0-4   : fungsi sosial kurang/suka menyendiri
Kesimpulan : penilaian APGAR keluarga pada Ny. K mendapatkan poin 8 yaitu fungsi sosial normal.

















ANALISA DATA
No.
Data
Masalah
Kemungkinan penyebab
1.
Ds :
-          klien mengeluh sendinya terasa kaku
-          Klien mengatakan saat berjalan berpegangan tembok atau kursi
Do :
-          kekuatan otot menurun
-          pergerakan sendi tampak terbatas
Gangguan mobilitas fisik
Kekakuan sendi
2. 
Ds:
- klien mengatakan sering terbangun pada malam hari untuk BAK
- Ny. K mengatakan tidak bisa tidur setelah BAK.


Do :
-          klien sering menguap .
-          katong mata terlihat menghitam.
-          TD: 160/90 mmHg
-           GDS terakhir 330

Gangguan pola tidur
Penurunan fungsi ginjal





PRIORITAS DIAGNOSA KEPERAWATAN
1.      Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan kekakuan sendi ditandai dengan klien mengeluh sendinya terasa kaku, kekuatan otot menurun, pergerakan sendi terbatas.
2.      Gangguan pola tidur berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal.


RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN
No.
Tanggal/jam
Diagnosa Keperawatan
Tujuan dan Kriteria Hasil
Intervensi
Rasional
1.       

Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan kekakuan sendi
Setelah dilakukan tindakan keperawatan 1x24 jam   diharapkan gangguan mobilitas fisik dapat teratasi, dengan kriteria hasil :
-        klien dapat beraktifitas
-        kekakuan sendi menurun

1.      kaji tingkat mobilitas fisik.

2.       anjurkan untuk ganti posisi setiap 2 jam


3.       lakukan latihan aktif
Contoh : pada waktu istirahat/pada waktu-waktu tertentu.
1.      untuk mengidentifikasi adanya sendi atau tidak.
2.      untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga mengurangi kekakuan sendi
3.      untuk mencegah terjadinya osteoporosis

2.       

Gangguan pola tidur berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal.
Setelah dilakukan tindakan keperawatan 1x24 jam   diharapkan
Gangguan pola tidur berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal dapat teratasi, dengan kriteria hasil :
-        Klien dapat mencukupi waktu dan tidurnya
1.      Kaji penyebab pola tidur
2.      Anjurkan untuk membatasi kemasukan cairan ketika akan tidur
3.      Anjurkan pada klien untuk BAK sebelum tidur

1.      Dengan mengetahui penyebab gangguan pola tidur sebagai indicator untuk menentukan intervensi akan dilakukan .
2.      Dengan membatasi cairan akan tidur diharapkan pengeluaran akan berkurang
3.      BAK sebelum tidur, mengurangi urine berikutnya






IMPLEMENTASI
No Dx.
Hari/ Tanggal
Diagnosa Keperawatan
Implementasi
Resppon
Paraf
1
Jumat, 23 Oktober 2015
Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan kekakuan sendi
1.      Mengkaji tingkat mobilitas fisik.



2.      Menganjurkan untuk ganti posisi setiap 2 jam





3.      Melakukan latihan aktif. Contoh : pada waktu istirahat/pada waktu-waktu tertentu.
DS: -
DO: Klien tampak berjalan dan duduk dengan hati-hati


DS: klien mengatakan mau berpindah tempat setiap 2 jam sekali
DO: klien tampak berpindah dari tempat duduknya


DS: -
DO: klien terlihat sedang menyapu lantai

2
Jumat, 23 Oktober 2015
Gangguan pola tidur berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal.
1.      Mengkaji penyebab pola tidur




2.      Menganjurkan  untuk membatasi pemasukan cairan ketika akan tidur

3.      Menganjurkan pada klien untuk BAK sebelum tidur

DS : Klien mengtakan tidak bisa tidur
DO : Klien sering terbangun pada malam hari

DS: klien mengatakan sudah mengurangi minumnya sebelum tidur
DO: -

DS: klien mengatakan akan mengikuti anjuran perawat
DO: -


EVALUASI
No.
Hari/Tanggal
Diagnosa Keperawatan
Evaluasi
Paraf
1
Sabtu,24 oktober 2015
Gangguan mobilitas fisik b.d kekakuan sendi
S: klien mengatakan kekakuan sendinya masih terasa
O: klien tampak pergerakan sendinya terbatas
A: Masalah teratasi sebagian
P: Pertahankan inervensi

2
Minggu, 25 oktober 2015
Gangguan pola tidur b.d penurunan fungsi ginjal
S : klien mengatakan BAK pada malam hari mulai berkurang
-          Klien mengatakan bisa tidur pada malam hari
O: wajah klien tampak sedikit pucat
A: masalah teratasi sebagian
P: intervensi dipertahankan




Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »