1

KUESIONER PHBS KEL.5

Kumpulan askep, laporan pendahuluan dan tugas stikes

A.     Data Umum Responden
Kode                            :
Nama KK                    :                      
Tingkat  Pendidikan     :           Tidak Sekolah              SMP             PerguruanTinggi
SD                               SMA
Tingkat  Pendapatan    :           < Rp 980.000,-
> Rp 980.000,-
Status  Pekerjaan          :           Petani               PNS                             Tdak bekerja               
                                                Buruh              Wiraswasta
Daftar Anggota Keluarga :
No
Nama
Usia
Pekerjaan
Pendidikan
Hubungan dengan keluarga
Status kesehatan






















B.     PENGETAHUAN
Jawablah dengan memberikan tanda ceklist (√) pada kotak pilihananda
NO
PERNYATAAN
YA
TIDAK
1
Keluarga menyajikan makanan dengan cara tertutup


2
Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, hipertensi dan gangguan kehamilan


3
Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh


4
Membuang sampah ditempat sampah dengan memilah antara sampah organic dan anorganic adalah kebiasaan yang baik


5
Cara yang benar mengolah sampah adalah dengan ditimbun atau dikubur  jauh dari pemukiman dan sumber air


6
Cara yang tepat dalam membuang limbah WC adalah di septic tank yang jaraknya lebih dari 10 meter dari sumber air


7
Air yang baik untuk digunakan mandi cuci kakus (MCK) adalah air yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna


8
Air yang baik untuk minum adalah dengan dimasak sampai mendidih


9
Tidak membersihkan bak mandi 1 minggu sekali dapat menyebabkan adannya jentik-jentik nyamuk penyebab penyakit


10
Menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi 2 kali sehari dengan sabun dapat mengurangi dampak buruk terhadap kesehatan



C.     SIKAP
Jawablah dengan memberikan tanda ceklist (√) pada kotak pilihan anda
SS        : Sangat Setuju                       TS        : Tidak Setuju
S          : Setuju                                    STS      : Sangat Tidak Setuju
NO
PERNYATAAN
SS
S
TS
STS
1
Jika saya merokok, kesehatan saya terganggu dan dapat beresiko mengalami penyakit jantung, kanker, hipertensi dan gangguan kehamilan




2
Jika di keluarga saya mempunyai anak, saya akan memberikan ASI saja selama 6 bulan penuh tanpa makanan pendamping ASI.




3
Setiap ibu yang mau melahirkan harus ditolong oleh tenaga kesehatan




4
Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, Saya akan mencuci tangan pakai sabun.




5
Saya akan membersihkan dan tidak membiarkan genangan air supaya tidak ada jentik-jentik nyamuk




6.
Jika saya mempunyai balita saya akan menimbang minimal sebulan sekali dan melakukan imunisasi lengkap di posyandu




7.
Saya akan membuat tempat pembuangan limbah ±10 meter dari sumber air




8.
Untuk memenuhi gizi tubuh, saya akan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari.




9.
Membuat jamban dengan teknik septic tank adalah cara yang tepat dengan jarak lebih dari 10 m




10.
Untuk mandi dan memasak saya menggunakan air yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna





D.     PERILAKU
Jawablah dengan memberikan tanda ceklist (√) pada kotak pilihan anda
S : Sering                    K : Kadang-kadang                TP : Tidak pernah

TP : Tidak pernah
NO
PERNYATAAN
S
K
TP
1
Keluarga mengolah sayuran sebelum dimasak dengan cara dipotong lalu di cuci menggunakan air bersih yang mengalir



2
Saya mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.




3
Saya menguras kolam atau tempat penampungan air setiap satu minggu sekali



4
Saya berolahraga secara teratur di pagi hari untuk meningkatkan kebugaran tubuh



5
Saya tidak merokok untuk menghindari penyakit seperti penyakit jantung, kanker, hipertensi dan gangguan kehamilan



6
Saya mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk memenuhi gizi tubuh




7
Saya melakukan gerakkan 3M ( menguras, mengubur, menutup) 1 minggu sekali



8
Saya membersihkan genangan air untuk mencegah tumbuhnya binti-bintik nyamuk



9
Saya menggunakan sumber air yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna untuk memasak dan kebutuhan rumah tangga lainnya seperti mandi dan mencuci



10
Ketika ada keluarga yang hamil, saya memeriksakan ke tenaga kesehatan.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »